Estu_Handayani, M.Pd

Guru SMP Negeri 7 Bondowoso Jawa Timur...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ATONG MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEM
Abstrak PTK

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ATONG MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEM

PTK

By Estu Puji Handayani (#tantangan hari ke-10)

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ATONG MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI STATISTIKA KELAS IX E TP. 2014-2015

Kurikulum 2013, pendekatan pembelajaran dalam prosesnya ada mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan yaitu pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik ATONG (Amati, Tanya, Olah, Nalar, Gagas) menggunakan lingkungan sekitar dapat mengatasi materi pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa sehingga pada materi pelajaran tersebut pemahaman konsep siswa meningkat, salah satu materi pelajaran tersebut adalah materi Statistika. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah pembelajaran dengan pendekatan ATONG menggunakan lingkungan sekitar dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Statistika kelas IX” dan ”Bagaimanakah pembelajaran dengan pendekatan ATONG menggunakan lingkungan sekitar untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Statistika kelas IX”. Tujuan penelitian ini adalah: “Meningkatkan pemahaman konsep materi Statistika kelas IX”. Model penelitian menggunakan Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil dari penelitian adalah aktivitas siswa siklus I 80% siklus II 94%, klasikal nilai ≥76 siklus I 78% siklus II 93%, klasikal memahami materi Statistika siklus I 81% siklus II 89%.

Kata kunci: pendekatan ATONG, lingkungan sekitar, statistika, pemahaman konsep.

Bondowoso, 10 Juli 2020

Maaf info: PTK sudah saya bukukan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget Bu...salam

10 Jul
Balas

Terimakasih bu...salam

10 Jul

Terimakasih pak...salam literasi

10 Jul
Balas

PTK yg kreatif. Sangat bermanfaat bun.

10 Jul
Balas

Terimakasih bu...Alhamdulillah jika bermanfaat

10 Jul

Keren Bu Estu, semoga sukses, salam literasi

10 Jul
Balas

Terimakasih bu..salam literasi

10 Jul

Mantap, strategi keren dan bisa di contohkan? Dalam sehat salam Literasi jgn lupa skss ya Say...!

10 Jul
Balas

Terimakasih bu..salam literasi

10 Jul

Mantap Bu Amati, Tanya, OLah, Nalar, GagasSemoga selalu suksea.

10 Jul
Balas

Terimakasih bu...salam atong

10 Jul

Keren bu. Sukses selalu.

10 Jul
Balas

Terinaksdih bu

10 Jul

Sip bu, semoga sukses

10 Jul
Balas

Terimakasih bu...Aamiin

10 Jul

Kreatif..inspiratif dan sangaat keren...salam sukses bunda.

11 Jul
Balas

Terimakasih pak..salam sukses

11 Jul

Keren ini Bunda Estu. Kreasi yang luar biasa. Salam literasi, sukses selalu.

10 Jul
Balas

Terimakssih pak...PTK lama nih...salam literasi

10 Jul

Keren

10 Jul
Balas

Terimakasih bu

10 Jul

ATONG, menginspirasi. Salam literasi

10 Jul
Balas

Terimakasih pak..salam literasi

10 Jul



search

New Post